Selasa, 04 September 2012

Banjarmasin, City of A Thousand Rivers

Banjarmasin,,
Dengar nama ini gua jadi ingat masa-masa kecil sampai tamat SMA, sebutan untuk banjarmasin adalah kota seribu sungai, karena banjarmasin berdenyut dari sungai barito dan di belah dengan sungai martapura yang berhulu di pegunungan meratus.

"Ulun karindangan wan banjar"(saya kangen dengan Banjarmasin), rindu akan masa-masa kecil maen gundu, batatangkapan, beajakan,bagasingan, dll. Untuk saat ini mungkin gua belum bisa ke banjarmasin, sebab semua keluarga gua sudah pindah ke sampit (kal-teng). Rindu akan masa kecil dulu pun sulit terobati. Jarak dan waktu gua untuk singgah kesana pun belum tentu ada, belum lagi kerjaan gua yang ga kenal waktu melayani masyarakat.

gua kali ini akan cerita tentang banjarmasin, khususnya makanan dan tempat wisata yang membuat gua rindu dengan banjarmasin. Nah. klo dengar suangai, pertama yang gua ingat itu, sungai barito, tentunya pasar terapung dan jembatan barito di kala senja.
Sunset at Barito Bridge
Pasar terapung Lok Baintan
Indahkan jembatan barito klo lagi senja? :D nah gw lupa neh foto kapan, pokoknya yg gua ingat foto jemb. barito ini ada di Bandung Indah Plaza, nama acaranya lupa, pokonya ngangkat Kalimantan Selatan gitu dah.  
Nah pasar terapung, ingat iklan RCTI thn 90'an kan? nah itu pasar terapung yang di muara kuin, selain itu pasar terapung juga ada di Lok Baintan. emang seh lebih bagusan di bangkok, tapi bedanya pasar terapung yang di thailand. pasar terapung di banjarmasin lebih tradisional dan etnic. Di deket pasar terapung kuin, ada pulau kembang loh, dasana banyak warik (monyet). ingat waktu SD, pas gw ke pulau kembang gw sempat tarik-tarikan tuh ama monyet dasana, gara-garanya kantong plastik isi makanan gua diambil ama warik pulau kembang =D
oh ya, pasar terapung dan arum jeram loksado sekarang jadi pariwisata nasional loh (kenapa gak dari dulu ya..!!!)

Untuk makanannya yang palingggggg gua kangenin itu soto banjar, pokoknya soto indonesia no 1 yang gua suka, biasanya soto banjar itu paling enak klo di makan pas jam istirahat siang, klo yang suka sate, soto banjar juga enak ditemenin sate ayam plus es limau/jeruk. beeeehhhh,,, nyamaaaaannnn banar tupaaanggg, kacarrrrr ulun nah..!!!! versi indomie nya ada kok, cari aja di swalayan besar, pasti ada soto banjar limau kuit.
Soto Banjar
klo kue nya so pasti BINGKA KENTANG,, hahahaha,, favorit gua gan.. :D
no pict = HOAX,, ne gua kasih pict bingka kentangnya
Bingka Kentang
pas ramadhan kemaren klo ga salah harganya untuk satu kue bingka kentang itu Rp. 25.000,-
yummy,,, mudahan di laen kesempatan gua bisa ke banjarmasin lagi, madahan ada rezeki bangun rumah disana, berkeluarga dan wiraswasta di kota seribu sungai.. Aamiin. 
Banjarmasin,, HADANGI ULUN LAH,, !!!!!


Jakarta

0 komentar:

Poskan Komentar